Selasa, 12 November 2013

Cara Merawat Laptop Atau Notebook Yang Baik

Diposting oleh Unknown di 13.39
Cara Merawat Laptop. Laptop belakangan ini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Harganya yang semakin hari semakin terjangkau, membuat Laptop menjadi pilihan utama ketimbang PC. Selain itu faktor praktis juga membuat Laptop semakin digandrungi masyarakat Indonesia.
Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang sangat sensitif, jika sedikit saja ada kerusakan maka kita harus siap-siap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit jumlahnya mengingat harga komponen laptop yang harganya cukup mahal. Dengan beberapa tips berikut ini diharapkan Notebook Anda bisa terhindar dari kerusakan dan menambah umur pakai laptop Anda.
1. Jangan letakkan Laptop di sembarang tempat . Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko laptop terinjak (jika diletakkan di lantai), menghindari resiko laptop terjatuh (jika diletakan di meja yang cukup tinggi). Taruhlah laptop di tempat yang aman seperti di dalam lemari dan di tempat aman lainnya. Usahakan terhindar dari jangkauan anak-anak.

2. Gunakan Stabilizer saat Anda menggunakan laptop dengan menggunakan listrik langsung tanpa baterai. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan perangkat akibat tegangan listrik yang tidak stabil. 
3. Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat dan benda cair diatas Laptop.
4. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop saat laptop ditutup. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko layar laptop tergores. Jika laptop Anda menggunakan layar LCD, sedikit goresan pada layar bisa berakibat fatal.
5. Saat mengoperasikan Laptop jangan letakan laptop pada permukaan yang empuk seperti kasur,sofa, bantal, dll. Hal ini dapat menghambat sirkulasi udara pada laptop dan menyebabkan komponen laptop cepat panas.
6. Pada saat laptop menyala jangan sekali-kali menutup layar laptop. Jika hal ini sering dilakukan dapat menyebabkan layar laptop cepat rusak.
7. Gunakan tas laptop yang bagus dan pas. Hindari menggunakan tas laptop yang kecil dan sempit. Hal ini bertujuan agar tidak ada goresan atau tekanan pada bagian laptop. Penggunaan tas laptop yang terlalu longgar juga dapet mengakibatkan goncangan pada laptop.

8. Gunakan kipas pendingin laptop untuk menjaga komponen-kompnen laptop tetap dingin.

9. Bersihkan laptop secara berkala, bisa dimulai dari bagian LCD, bagian keyboard dan bagian-bagian laptop lainnya. Gunakan lap pembersih yang lembut agar tidak menggores permukaan laptop.
10. Gunakan Antivirus. Jika laptop Anda sering digunakan untuk sharing data atau sering digunakan untuk browsing internet, laptop Anda akan rentan sekali terjangkit virus. Untuk menghindari kerusakan atau kerugian yang dapat ditimbulkan Virus sebaiknya Anda menginstal Antivirus.

11. Jangan memindah-mindahkan laptop pada saat laptop masih menyala. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada bagian harddisk Laptop.

0 komentar:

Posting Komentar


 

Desi Komalasari Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez