Sabtu, 09 November 2013

Kelabihan dan Kekurangan Smartphone

Diposting oleh Unknown di 14.47
Smartphone yang saat ini sedang marak beredar di masyarakat memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan smartphone :

A.    Android

Kelebihan :

1.Multitasking – Yups, ponsel Android bisa menjalankan berbagai aplikasi, itu artinya Anda bisa browsing, Facebookan sambil dengerin lagu.
2.Kemudahan dalam Notifikasi – Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
3.Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Kalau Anda seneng install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market Anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk Anda download di ponsel Android.
4.Pilihan Ponsel yang beranekaragam - Bicara ponsel Android, akan terasa ‘beda’ dibandingkan dengan iOS, jika iOS hanya terbatas pada iPhone dari Apple, maka Android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi Anda bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan ‘merk’ favorite.
5.Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi – tak puas dengan tampilan standar Android, jangan khawatir ada banyak Costum ROM yang bisa Anda pakai di ponsel Android.
6.Widget – benar sekali, dengan adanya Widget di homescreen, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.
7.Google Maniak – Jika Anda pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail sampai Google Reader, ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga Anda bisa dengan cepat mengecek email dari gMail.

Kekurangan :

Tak bisa dipungkiri disamping kelebihan tentu saja ada kekurangan dari sistem operasi
Android ini.

1.Koneksi Internet yang terus menerus – Yups, kebanyakan ponsel Android memerlukan koneksi internet yang simultan alias terus menerus aktif. Penulis sendiri menggunakan Motorola Milestone, dan koneksi internet GPRS selalu aktif setiap waktu, itu artinya Anda harus siap berlangganan paket GPRS yang sesuai dengan kebutuhan. 
2.Iklan – Aplikasi di Ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun konsekuensinya di setiap Aplikasi tersebut, akan selalu muncul Iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi.


B. Symbian OS

Symbian merupakan sistem operasi yg paling banyak di pakai oleh smartphone, beberapa
merk smartphone yg menggunakan sistem operasi ini adalah Nokia, Sony Ericsson, LG,
Motorola, Simens, Benq, Samsung, dan lain-lain, sangat cocok buat pengguna yang stylish
dan memerlukan kebutuhan multimedia yg lengkap. Symbian diperkenalkan pertama kali
tahun 1998 dan dikembangkan oleh symbian foundation.

- Kelebihan : yg paling terkenal adalah mudah dipahami (user Friendly) dan sangat baik dalam penerapan berbagai fitur multimedia serta sudah support adobe flash.
- Kekurangan : tidak adanya toko online penyedia aplikasi yang bagus dan lengkap, walaupun sudah bersifat open source tetapi kenyataannya masih terikat pada versi OS dan jenis hardware yang digunakan.


C. BlackBerry OS

BlackBerry OS adalah sistem operasi hanya digunakan oleh smartphone BlackBerry buatan RIM (Research In Motion). Sangat diminati Karena kemampuan push emailnya juga desain keyboard QWERTY sangat nyaman bila digunakan untuk meng-entry teks secara cepat dan tepat, sehingga cocok untuk disebut sebagai smartphone khusus untuk beremail ria. Tahun diperkenalkan 1994.

- Kelebihan : merupakan multiple Push Email yang terbaik saat ini, sinkronisasi nirkabel (tanpa kabel seperti Bluetooth dan infra red) yang lengkap, sistem keamanan berlapis yang menjamin keselamatan data penting kita.
- Kekurangan : browser Web masih kurang bagus, ada biaya tambahan untuk menikmati   layanan BlackBerry yg kita pakai, sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi.

D. MAC OS X

Smartphone IPHONE yang didukung MAC OS X menjadi sistem operasi yang sangat terkenal berkat kemudahan dalam penggunaan user interface yang menarik dan intuitif. MAC OS X juga didukung toko aplikasi online App Store, dan mampu memainkan lebih dari 100 ribu aplikasi maupun game yang tersedia saat ini dan tahun 2010 ini terus bertambah. Dikembang kan oleh Apple Inc dan diperkenal kan pada tahun 2001. Seperti hal nya blackberry OS Mac OS x Juga hanya tersedia pada smartphone IPHONE

- Kelebihan : Pada konsepnya Sistem operasi ini dirancang memiliki keunggulan untuk game, koleksi game yang tersedia sangat banyak dengan kualitas hampir mendekati konsol game yang sesungguhnya serta ditunjang kualitas grafis yang diatas standar level, sistem operasi stabil dan mudah digunakan bagi orang awam sekalipun, Browser Safari yang dimiliki sistem operasi ini juga merupakan yang terbaik sekarang. responsif dan intuitif, browser web terbaik saat ini, pemutar musik sangat bagus dari segi antarmuka maupun kualitas suara, , adanya toko aplikasi online App Store yang menyediakan ribuan aplikasi dan game yang siap didownlod secara langsung.

- Kekurangan : tidak multitasking, sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi, proses sertifikasi untuk aplikasi baru sangat ketat, aplikasi dan game hanya bisa didownload dari App Store, bluetooth tidak bisa untuk proses pengiriman file, entry teks kurang nyaman. Sehingga dapat dibilang sistem operasi ini terlalu protect dalam hal penyediaan aplikasinya dan hanya berpedoman dengan satu penyedia aplikasi.

E. WINDOWS MOBILE (WinMo)

Windows Mobile awalnya diperkenalkan tahun 2000 dan dirancang untuk menyediakan pengalaman menggunakan PC pada perangkat ponsel, sehingga OS smartphone yg dikembangkan perusahaan microsoft ini pada saat pertama di luncurkan dikatakan sebagai Pocket PC. lebih menekankan pada fitur kantoran dan organiser untuk membidik pangsa pasar kaum pebisnis yang mobile, Smartphoe yg memiliki OS ini yaitu HTC dan Samsung kemudian mengembangkan sendiri user interface versi mereka yang lebih modern dan intuitif, Windows Mobile sendiri dibagi 2, yaitu versi Standard untuk ponsel non-touchscreen dan versi Professional untuk ponsel layar sentuh.

- Kelebihan : fitur kantoran yang sangat lengkap ditambah integrasi dengan layanan Microsoft Outlook dan Exchange menjadikan Windows Mobile perangkat smartphone paling powerful bagi para pebisnis, kemudahan tweaking, kapabilitas multitasking menjadi andalan OS ini

- Kekurangan : kurang user friendly sehingga membutuhkan pemahaman lebih dalam, sistem operasi terkesan lambat, kurang responsif serta agak boros baterai, lisensi Windows Mobile adalah berbayar sehingga smartphone WinMo terkesan lebih mahal.

Pilihlah smartphone yg menyediakan sistem operasi yg menunjang akan kebutuhan anda karena pada sistem operasi yg digunakan pada beberapa smartphone mempunyai keunggulan dan kelemahan yg berbeda-beda.

 

0 komentar:

Posting Komentar


 

Desi Komalasari Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez