Jumat, 01 November 2013

Boneka Beruang Jadi Astronot

Diposting oleh Desi Komalasari di 06.44
Di Inggris, ada sekelompok murid sekolah dasar yang berhasil mengirimkan empat boneka beruang ke lapisan atmosfer terluar bumi. Sungguh beruntung kawan-kawan kita di Inggris ini. Bulan Desember 2008, mereka menghebohkan dunia ilmu pengetahuan. Mereka berhasil meluncurkan balon udara berawak sampai ke batas luar atmosfer bumi, yaitu stratosfer. Balon besar yang mereka terbangkan berisi gas helium, meluncur sejauh 30 kilometer ke arah langit. Padahal balon yang mereka buat lumayan sederhana. Balonnya sendiri menggunakan bahan khusus agar tidak pecah di ketinggian itu. Sementara tempat awaknya terbuat dari kardus busa yang diikat ke rangka pipa peralon.

Akan tetapi bukan hanya itu yang membuat heboh. Masalahnya adalah, siapa yang menjadi awaknya. Ini adalah pertama kalinya empat buah boneka beruang menjadi awak ke luar angkasa. Empat boneka beruang itu dikenakan pakaian-pakaian khusus. Bahan dan bentuknya mirip sekali dengan baju astronot sungguhan. Hebatnya, pakaian-pakaian khusus itu juga dirancang dan dibuat oleh kawan-kawan kta itu. Mereka yang tergabung di dalam misi ini, merupakan murid-murid sekolah dasar Parkside and Coleridge di Inggris. Sekolahnya bekerja sama dengan kakak-kakak mahasiswa di Cambridge University. Kakak-kakak mahasiswa itu membimbing kawan-kawan kita, agar mereka dapat membuat balon yang benar sampai meluncurkannya ke udara.

Setelah tempat awaknya jadi, kakak-kakak mahasiswa itu meletakkan beberapa alat untuk memantau balon dan situasi sekelilingnya. alat-alat itu adalah kamera digital yang digunakan untuk memotret, pengendali kamera jarak jauh, serta alat yang dinamakan GPS. GPS merupakan alat yang dapat memberitahukan posisinya kepada manusia. Dengan begitu, kawan-kawan kita ini tidak akan kehilangan jejak balon udara, walaupun balon itu meluncur hingga 30 kilometer ke atas. Balon yang mereka luncurkan melesat ke angkasa selama lebih dari dua jam. Pada ketinggian 30 kilometer seperti itu, suhu udara di langit sana sangat dingin, dapat mencapai minus 53 derajat celcius. Itulah mengapa boneka-boneka beruang itu perlu dikenakan pakaian khusus, agar mereka tidak membeku kedinginan.

Dengan bantuan kakak-kakak mahasiswa Universitas Cambridge dan peralatan yang dipasangnya, kawan-kawan kita dapat selalu mengetahui sudah sampai di mana balon yang mereka luncurkan. Lantaran meluncurnya jauh ke angkasa , balon itu pun kembali ke bumi dan mendarat kembali jauh dari tempat peluncurannya. kawan - kawan kita pun diantar oleh kakak-kakak mahasiswa dan gurunya , menjemput balon udara dan para astronot beruang itu di tempat mendaratnya, yaitu sejauh 71 kilometerdari tempat diluncurkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Desi Komalasari Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez